Senin, 18 Januari 2010

Kerugian Bekerja Dengan Laptop



Meskipun laptop memiliki beberapa keuntungan bisa kita dapatkan ketika bekerja dengan menggunakan laptop, hal itu tidak membuat laptop merupakan barang yang sempurna. Berikut ini beberapa kekurangan atau kerugian yang harus kita pahami dalam penggunaan laptop.

1. Harus berkompromi dengan banyak hal

Notebook sendiri merupakan produk kompromi, yakni antara tetap bisa bekerja tetapi juga bisa travelling atau berpindah-pindah ruangan. Notebook adalah kompromi antara fleksibilitas dan keterbatasan performa.

2. Lebih mahal

Jika kita ingi membeli laptop dengan spesifikasi yang sama persis dengan computer desktop, maka kita harus mengeluarkan uang yang lebih besar daripada kita membeli computer desktop.

3. Harus lebih waspada

Karena harganya mahal, laptop sering menjadi incaran para penjahat. Mententengnya ke mana-mana membutuhkan kewaspadaan yang ekstra. Misalnya di mushola kampus ada himbauan “Barang Berharga di Taruh Depan”. Hal ini dimaksudkan agar barang yang berharga tidak dicuri orang.

4. Lebih rentan dan ringkih

Karena laptop merupakan barang yang enteng. Pastinya komponen di dalamnya dibuat kecil dan ringan. Secara fisik, laptop ringkih terhadap tekanan dan guncangan.

5. Lebih rumit perawatannya

Lantaran bentuknya yang menyatu, laptop memerlukan perawatan yang ekstra hati-hati. Air teh atau kopi yang tumpah ke atas keyboard dapat menyebabkan seluruh system laptop mati.

6. Perlu back-up data secara rutin

Karena rawan pencurian dan rusak, kita harus rutin melakukan bak-up data. Jika salah satu kejadian tersebut terjadi maka data berharga kita bisa hilang semua.

7. Bila rusak, ongkos reparasinya mahal

Jika kita memiliki computer desktop dan kemudian rusak, mungkin kita bisa memperbaiki sendiri. Tapi jika laptop kita yang rusak, mampukah kita memperbaiki sendiri. Selain beresiko menjadi kerusakan yang lebih fatal. Untuk itu kita harus pergi ke tukang reparasi. Dan ongkosnya lebih mahal di banding reparasi computer destop.

8. Ukuran keyboard-nya lebih kecil

Berbeda dengan layout keyboard computer desktop, keyboard pada laptop di design dengan ukuran yang lebih kecil. Hal ini akan menyulitkan jika kita dianugerahi jari-jari yang gemuk.

9. Performa lebih lambat

Dibandingkan dengan computer desktopyang memiliki kecepatan prosesor sama , laptop tetaplah tidak sekencang saudara tuanya. Apalagi performa keseluruhan tidak hanya ditentukan dari kecepatan prosessor tetapi juga dari komponen lain seperti hardisk, memori utama dan juga kartu grafis (VGA).

10. Upgrade lebih sulit

Meski beberapa merk notebook menawarkan kemampuan upgrade prosessor dan atau memori, umumnya ia merupakan satu system yang sudah paten dan sulit ditingkatkan kapasitas kinerjanya. Beberapa jenis notebook bahkan memasang mati prosessor pada motherboard-nya sehingga pilihan untuk mengganti prosessor dengan yang lebih cepat tidak dimungkinkan lagi.

11. Penambahan komponen yang sulit dilakukan

Pada computer desktop kita dimungkinkan untuk menambahkan kartu grafis di kemudian hari, jika waktu beli belum ada. Namun di notebook, penambahan komponen tidak bisa dilakukan kecualikomponen seperti memory/RAM dan optical drive.

Source : PC Plus

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Information and Technology 2010. Powered by Blogger. Source By Mbah google. Facebook Group Djankrik Kos-Kos'n.